×

Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura I (PERSERO) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (MS-26)

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah


Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang penting   dalam pencapaiaan  tujuan.  Umumnya  pimpinan  perusahaan mengharapkan  kinerja  yang  baik dari  masing-masing  karyawan  dalam mengerjakan tugas-tugas yang  diberikan oleh perusahaan. Perusahaan menyadari bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal dasar dalam proses pembangunan perusahaan bahkan nasional, oleh karena itu kualitas  SDM  senantiasa  harus  dikembangkan  dan   diarahkan  agar tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Adapun  aktivitas-aktivitas  manajemen  sumber  daya  manusia  ini terdiri dari : perencanaan sumber daya manusia, pengadaan, pengarahan, pengembangan, pemeliharaan, dan pemberhentian. Hal ini ditujukan agar perusahaan dapat mengelola  sumber daya manusia yang baik secara efektif dan efisien.
Salah satu aktivitas dalam pengelolaan SDM adalah rekrutmen dan seleksi. Rekrutmen adalah suatu proses pengumpulan sejumlah pelamar yang  memiliki   kualifikasi  yang sesuai  dengan  yang  dibutuhkan perusahaan,  untuk dipekerjakan  di  dalam perusahaan  (Malthis,  2001). Adapun manfaat dari rekrutmen adalah memiliki fungsi sebagai "the Right Man on The Right  Place", dimana hal ini menjadi pegangan bagi para manager dalam menempatkan tenaga kerja yang ada di perusahaannya.

Rekrutmen  merupakan  serangkaian  aktivitas  untuk  mencari  dan memikat   pelamar kerja  dengan  motivasi,  kemampuan,  keahlian  dan pengetahuan yang diperlukan guna   menutupi kekurangan yang diidentifikasi   dalam  perencanaan kepegawaian. Sedangkan seleksi merupakan proses pemilihan dari sekelompok pelamar atau orang-orang yang  memenuhi kriteria  untuk      menempati       posisi  yang      tersedia berdasarkan kondisi yang ada pada perusahaan.
PT. Angkasa Pura I  (Persero)  merupakan  perusahaan  yang bergerakdi  bidang jasa pengelolaan bandara, dimana bandara Internasional  Sultan  Hasanuddin  merupakan salah  satu  bandara  yang termasuk dalam pengelolaan PT. Angkasa Pura I (Persero). Sumber daya manusia yang handal dan kompeten merupakan faktor pengungkit untuk keunggulan      bersaing PT.     Angkasa    Pura I    (Persero),    sehingga pengembangan Kompetensi  Sumber  Daya  Manusia  merupakan  salah satu  faktor  kunci  keberhasilan untuk  pencapaian  visi  dan  misi   PT. Angkasa  Pura  I  (Persero).   Sejalan  dengan  visi, misi,  dan  strategi perusahaan  untuk  menjadi  perusahaan  kelas  dunia  di  bidang  jasa kebandarudaraan,   perlu diterapkan upaya  yang       lebih  fokus       dalam pengembangan SDM secara konsisten dan terus menerus.
Pengelolaan     sumber daya    manusia     sangat    diperlukan      untuk efektivitas sumber daya manusia dalam suatu organisasi.Tujuan dari hal tersebut  adalah untuk memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif  untuk   mencapai   tujuan  studi tentang manajemen  perusahaan bagaimana seharusnya perusahaan dapat mengembangkan, menggunakan dan memelihara karyawan dalam kualitas dan kuantitas yang tetap.
Oleh  karena  itu  pihak  manajemen  perusahaan  harus  mampu memahami bagaimana  cara  terbaik  dalam  mengelola  karyawan  yang berasal dari latar belakang, keahlian, dan kemampuan yang berbeda-beda sehingga  karyawan  dapat  bekerja  sesuai dengan  keahlian  dan  jenis pekerjaan yang diberikan.
Penyusutan pegawai yang terjadi biasanya karena adanya pegawai yang  memasuki masa pensiun, meninggal dunia atau dikeluarkan dari institusi  karena  melakukan pelanggaran  tata  tertib  disiplin  yang  telah ditetapkan oleh PT. Angkasa  Pura I (Persero). Oleh karena itu pegawai baru  yang  akan  menggantikannya  akan   memiliki  masa  kerja yang berbeda-beda.       Rekrutmen   juga       dapat dilakukan         untuk  menambah pegawai baru kedalam suatu satuan  kerja yang kegiatannya menuntut aktivitas yang tinggi. Dalam proses rekrutmen juga  memerlukan adanya proses seleksi yang efektif, hal ini dilakukan untuk melakukan pemerataan pegawai sehingga kekuatan SDM yang dimiliki menjadi lebih seimbang.
Sistem  perekrutan  dan  seleksi  di  dalam  PT.  Angkasa  Pura  I (Persero)Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar tidak hanya menghasilkan  pegawai yang statusnya  sebagai  pegawai  tetap, namun untuk meningkatkan efektifitasan perusahaan maka PT. Angkasa Pura I (Persero)  Bandara  Internasional  Sultan  Hasanuddin  Makassar  juga menggunakan tenaga kerja yang berasal dari outsourching.
Kegagalan dalam melakukan sistem perekrutan tenaga kerja akan berdampak  pada proses pencapaian tujuan perusahaan. Dimana kinerja dari PT.  Angkasa  Pura  I  (Persero)  Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar tidak hanya melayani arus lalu lintas udara, namun juga mampu  menjaga kesinambungan dan memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen.
Mengingat sangat pentingnya proses rekrutmen dan seleksi bagi perusahaan. Diharapkan dengan adanya proses rekrutmen dan seleksi yang baik dan efektif akan berdampak pada perkembangan perusahaan kedepannya untuk  memperoleh sumber daya     yang     berkualitas     di PT.Angkasa Pura I (Persero)  Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Berdasakan uraian diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian  dengan judul : "PengaruhProses Rekrutmendan Seleksi Terhadap  Kinerja  Karyawan Pada  PT.  Angkasa  Pura  I  (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar".
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tesis-Skripsi-Makalah-Artikel 02 Aug, 2012


-
Source: http://skripsi-ilmiah.blogspot.com/2012/08/pengaruh-proses-rekrutmen-dan-seleksi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com Share

Related Post



Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik Judul Untuk Melihat Abstrak/Ringkasan

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download